5 Tips Mendesain Banner

Haloo..
Mr. Lee disini..
Sumber : www.pexels.com

Pada kesempatan ini saya ingin membagikan tips-tips dalam mendesain banner.. berdasarkan pengalaman dan kemampuan mr. lee..
mungkin anda sedang bingung mendesain banner karena tidak memiliki ide.. atau anda adalah seorang pemula dalam dunia desain grafis.. sehingga anda sering bingung saat mendesain banner, dan banner hasil desain selalu kurang memuaskan anda.. pada blog ini saya akan mencoba membagikan tips-tips yang sangat berguna dan sangat mudah untuk dipahami.. baiklah berikut ini adalah tips nya..

1. Tentukan ukuran banner yang akan didesain..



Menentukan ukuran banner tentu saja merupakan hal yang sangat penting.. ntah itu potrait, landscape ataupun kotak.. selain agar banner bisa pas dipasang pada media nya.. ukuran banner juga akan dapat menentukan posisi-posisi dari objek yang akan kita pasangkan ke banner seperti tulisan, gambar, bentuk, dan warna.

2. Carilah gambar dan buatlah tulisan yang berhubungan dengan desain yang akan dibuat..



Sebuah banner dibuat, pastinya memiliki pesan yang ingin disampaikan seperti menjual barang ataupun diskon barang.. Untuk hal itu maka tulisan dan gambar sangatlah penting dalam penyampaian tersebut.. Jika klient minta membuat banner mobil maka kita harus memasukkan gambar mobil begitu juga dengan bunga, maka kita harus memasukkan gambar bunga di dalam banner.. dan tulisan akan menyampaikan maksud sebenarnya dari banner tersebut.. 

3. Buatlah garis-garis pembagi untuk peletakan objek..



Membuat garis untuk pembagian objek banner sangatlah penting agar banner yang didesain dapat terlihat rapi.. kerapian sangatlah penting karena dapat menambah keindahan banner, banner tidak terkesan penuh, dan pesan yang ingin disampaikan dapat terarah..  

4. Pilih font yang mudah dibaca dan aturlah posisi, tebal tipis, besar kecil dan warna dari font tersebut..


Tulisan adalah sebuah bagian penting dari sebuah banner karena merupakan media penyampaian informasi dalam sebuah banner maka dari itu.. tulisan yang baik adalah tulisan yang mudah untuk dibaca.. pemilihan font sangatlah penting dalam hal ini.. saya sarankan untuk memilih font "Sans" karena lebih mudah dibaca.. berikut beberapa font yang saya sarankan : Myriad Pro, Century Gothic, Franklin Gothic, Futura MD BK, dan masih banyak lagi.. Pengaturan Posisi seperti rata kiri, rata kanan juga sangat penting untuk membuat banner enak dilihat.. tebal tipis tulisan digunakan untuk penekanan kata-kata yang bermakna penting.. besar kecil untuk memisahkan teks utama dan isi.. warna yang dipilih harus juga memiliki kontras dengan background yang kita gunakan seperti jika background gelap maka tulisan terang.. begitu juga sebaliknya..

5. Pilihlah foto yang berukuran besar dan resolusi tinggi..




Pilihlah foto yang bagus dan jernih dengan resolusi yang tinggi potonglah foto tersebut dengan rapi dan letakkanlah dengan rapi dan teratur.. Hal itu sangat membantu penyampaian informasi.. juga mempercantik desain kita..

Sampai disini dulu tips-tipsnya karena kurang mr. lee masih belum terlalu menguasai warna dan background makanya tips nya sampai disini dl hehe.. stay learning..
apabila ada yang mau ditanyakan seputar photografi dan desain grafis, tulis saja dikolom komentar.. mr. lee akan mencoba menjawab sesuai yang saya ketahui..

Comments